6 Fakta Menarik Mengenai ORI (Obligasi Ritel Indonesia)

ORI (Obligasi Ritel Indonesia) merupakan surat utang yang diterbitkan oleh pemerintah dan bisa Anda beli sebagai investasi. Investasi di ORI ini dijamin oleh negara dan Undang-Undang dan juga bisa Anda gunakan sebagai jaminan pegadaian. Selain itu, berikut 6 fakta menarik mengenai Obligasi Ritel Indonesia ini.

  1. Instrumen Surat yang Relatif Baru

Tahukah Anda? ORI (Obligasi Ritel Indonesia) merupakan instrumen surat yang relatif baru di Indonesia. Surat obligasi ini baru diterbitkan pertama kali pada Agustus 2006. Walau masih relatif baru, banyak investor yang tertarik untuk membeli surat obligasi di ORI ini.

  1. ORI Hanya Dijual untuk WNI

Fakta menarik yang kedua dari ORI ini adalah surat obligasi ini hanya dijual pada investor individu yang berkewarganegaraan Indonesia. Instrumen investasi ini juga diperdagangkan di pasar sekunder dan dibeli oleh investor institusi dan juga investor ritel atau individu.

  1. ORI Diterbitkan Satu Seri per Tahun

Umumnya, Obligasi Ritel Indonesia diterbitkan satu seri di setiap tahun. Akan tetapi, juga pernah diterbitkan 2 seri dalam setahun dalam dua tahun, yakni pada tahun 2007 dan tahun 2008. Jadi, pastikan Anda segera membeli surat obligasi ini begitu serinya diterbitkan, agar tidak kehabisan atau harus membelinya di pasar sekunder yang memiliki harga yang lebih mahal.

  1. ORI Memiliki Tenor Terlama

Dibandingkan dengan investasi jenis lain, ORI memiliki tenor terlama selama 5 tahun. Yakni pada ORI keluaran September 2008. Selama masa tenor tersebut, Anda bisa mendapatkan keuntungan dan pendapatan tetap.

  1. Memiliki Kupon Tertinggi 12,05%

Pada seri ORI pertama atau ORI001, memiliki kupon tertinggi yang diberikan, yakni sebesar 12,05%. Sementara itu, pada seri ORI009 yang dikeluarkan pada tahun 2009 sebesar 6,25%. Nilai kupon ini bisa berubah dari tahun ke tahun.

  1. Nominal Penerbitan ORI Tertinggi Mencapai 27,439 Triliun Rupiah

Fakta menarik selanjutnya dari ORI ini adalah nominal penerbitan ORI tertinggi selama ini mencaoai 23,439 triliun rupiah. Hal ini terjadi pada ORI seri ORI012, sedangkan nominal penerbitan terendah mencapai 2,714 triliun pada seri ORI005.

Nah, itu dia ulasan mengenai ORI (Obligasi Ritel Indonesia) yang patut Anda ketahui. Bagi Anda yang memiliki uang lebih dan bingung ingin investasi ke mana, maka ORI ini bisa menadi pilihan yang tepat bagi Anda. Pastikan Anda membeli surat obligasi ini di saat peluncuran, agar mendapatkan harga yang lebih terjangkau.

Leave a Reply